Sejumlah ahli menduga, penyakit tersebut bakal menjadi pandemi selanjutnya dan lebih mematikan dibandingkan COVID-19. Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan, ada kemungkinan disease X ini menular lewat udara. Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi, dengan karakteristik tersebut, ada kemungkinan penularan penyakit tersebut sulit dicegah.

“Yang menjadi penyakit global umumnya yang menular via udara. Kalau lewat darah, air itu bisa dicegah. Tapi kalau udara sulit dicegah, karena orang hidup tidak mungkin bisa berhenti bernapas,” jelas dr Nadia dikutip dari Antara, Sabtu (2/6/2023). Dalam penjelasannya, dr Nadia mengungkap salah satu penyakit yang mungkin bisa memicu pandemi global selanjutnya, menggantikan COVID-19. Salah satunya Influenza. Ia mengatakan sejauh ini, flu menjadi salah satu penyakit yang paling sulit untuk ditangani. Potensi kemunculan penyakit baru yang disebut sebagai ‘Disease X’ memicu kekhawatiran masyarakat dunia.

“Makanya, selalu flu yang memiliki potensi besar jadi pandemi. Kami belum tahu obatnya apa, semua flu belum ada obatnya, dan paling sulit dihadapi yang paling mungkin divaksin,” katanya.

dr Nadia juga menjelaskan beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari penyakit disease X. Mulai dari patogen yang tidak diketahui pada manusia berupa virus, bakteri, atau jamur yang pengobatannya belum diketahui. Selain itu, ada juga kemungkinan penyakit itu merupakan penyakit zoonosis atau menular dari hewan ke manusia.¬†Beberapa penyakit zoonosis yang sudah ada seperti Ebola, Hepatitis Akut, dan cacar monyet. “Seperti Ebola, sudah beberapa tahun dibilang akan mendunia tapi belum juga mendunia sampai sekarang,” pungkasnya.

 

Sumber: detikHealth

Klinik NAGOYA Konsultasi Online Gratis

Klinik yang melayani pemeriksaan dan pengobatan penyakit menular seksual seperti kencing nanah / gonorea, kutil kelamin / kondiloma, sifilis, keputihan, perawatan spa miss V, perawatan pria dan wanita dengan biaya terjangkau.

Mendaftar secara online untuk konsultasi maupun konseling gratis mengenai penyakit infeksi menular seksual dan perawatan pria-wanita.


This will close in 5 seconds